Siap Bantu Kamu Tumbuh Di Era Digital 😉

Tingkatkan Strategi CRM Dengan WhatsApp API Dari CRM.ID

Ahzelan GG

Tingkatkan Strategi CRM Dengan WhatsApp API Dari CRM.ID

Melihat pesatnya perkembangan di era digital ini, harusnya membuat para pelaku bisnis lebih mudah dalam mengelola hubungan dengan pelanggan. CRM atau Customer Relationship Management adalah salah satu cara untuk meningkatkan hubungan baik antara penjual dengan pembeli. 

Menggunakan strategi CRM dalam bisnismu dapat meningkatkan performa bisnis kamu di mata pelanggan. Banyak sekali pilihan tools CRM yang bisa digunakan, tentunya dengan beragam fitur-fitur menarik. Salah satu CRM dengan performa terbaik adalah menggunakan WhatsApp API dari crm.id.

Mengenal WhatsApp API

Apa itu WhatsApp API? Bagi yang belum familiar mungkin akan mengira ini adalah aplikasi pengirim pesan. Memang tidak salah, akan tetapi WhatsApp API diintegrasikan khusus untuk mengelola pesan dalam jumlah banyak dengan cara cepat.

Bisnis yang memiliki data CRM dalam jumlah besar, akan sangat diuntungkan jika menggunakan WhatsApp API untuk membantu mencapai tujuan hubungan dengan pelanggan. Dengan kecerdasaan buatan pada API, pesan dapat dikirim secara massal dengan cepat. Berbagai keunggulan lainnya dalam penggunaan WhatsApp API dapat kamu simak pada penjelasan di bawah ini.

Manfaat Strategi CRM dengan WhatsApp API

Strategi CRM yang diintegrasikan dengan WhatsApp API menjadi cara cerdas mengoptimalkan hubungan kamu dengan pelanggan. Berikut adalah keunggulan dari strategi CRM yang diintegrasikan dengan WhatsApp API:

1. Peningkatan Efisiensi CRM

Data yang berjumlah besar pada aplikasi CRM tentunya akan dioptimalkan untuk menjalin hubungan lebih personal dengan pelanggan. Hubungan tersebut mulai dari mengirim pesan notifikasi, membalas pesan, sampai membuat pelanggan melakukan konversi ulang.

Strategi CRM dengan WhatsApp API akan sangat efisien dalam menjalin komunikasi dengan pelanggan, ini memungkinkan tim kamu menghemat waktu lebih banyak dan dapat fokus untuk pekerjaan lain yang lebih kompleks. 

2. Peningkatan Personalisasi

Data pelanggan yang tersimpan di CRM bisa lebih ditingkatkan personalisasinya antara kamu dan pelanggan. Kamu bisa membuat mereka merasa bahwa kamu loyal terhadap pelangganmu. Misalnya dari data pelanggan tentang kapan ulang tahunnya, kamu bisa mengirimkan pesan untuk mengucapkan selamat hari lahir sembari memberi penawaran produk yang menarik atau memberinya harga diskon untuk produk-produk tertentu.

Dengan melakukan hal ini, hubunganmu dengan pelanggan akan semakin erat dan dapat merubah prospek pelangganmu kembali melakukan konversi. Aplikasi WhatsApp yang memang didesain sebagai aplikasi pesan instan tentu sangat membantu kamu lebih mudah dan cepat dalam berkomunikasi dengan pelanggan.

3. Pengalaman Pelanggan Lebih Baik

Pelanggan saat ini sangat mengharapkan pengalaman yang mudah, cepat dan lebih personal. Strategi CRM dengan WhatsApp API akan sangat memudahkan kamu memberikan pengalaman pelanggan yang lebih baik.

Pertimbangan integrasi tersebut bisa dilihat dari hal-hal berikut ini yaitu: Penggunaan WhatsApp yang merupakan saluran komunikasi paling familiar oleh semua kalangan akan lebih mudah diterima oleh pelanggan. Semakin banyak yang familiar dengan penggunaan WhatsApp, maka komunikasi kamu dengan pelanggan akan lebih mudah jika dibandingkan dengan aplikasi pesan lainnya.

4. Penggunaan Chatbot

Keunggulan penting dari penggunaan WhatsApp API sebagai CRM adalah chatbot. Kecerdasan buatan dalam aplikasi pengiriman pesan ini akan sangat membantu pelanggan dalam menyelesaikan pertanyaan yang diajukan.

Chatbot memberikan pelayanan pelanggan 24/7 sehingga memungkinkan dapat terus melayani pelanggan meskipun di luar jam kerja. Fitur canggih ini dapat menjawab pertanyaan pelanggan sampai membantu merekomendasikan pelanggan mendapatkan produk yang dia inginkan.

5. Kemudahan Analisis Data

Selain data yang sudah dikumpulkan pada CRM, penggunaan WhatsApp API selama melayani pelanggan juga akan menjadi data berharga untuk bisnismu. Percakapan yang terjadi antara kamu dan pelanggan akan mudah untuk dianalisis dan memberi insight yang penting untuk bisnismu.

Kamu bisa menganalisis bagaimana sentimen pelanggan terhadap produk dari hasil percakapan. Selain itu, kamu juga bisa melihat bagaimana kinerja dari tim layanan yang berkomunikasi dengan pelanggan.

Strategi CRM yang diintegrasikan dengan WhatsApp API akan memberikan banyak keunggulan untuk bisnis kamu. Jika kamu tertarik menggunakan WhatsApp API berikut adalah rekomendasi aplikasi CRM terbaik dari crm.id.

WhatsApp API Terbaik dari CRM.ID

CRM.ID menyediakan WhatsApp API terbaik yang bisa kamu gunakan untuk kelancaran bisnis. Memudahkan kamu dalam menjalin hubungan dengan pelanggan menjadi prioritas adanya produk crm.id. Hubungan lebih personal dengan pelanggan dapat meningkatkan performa bisnis kamu menjadi lebih baik ke depan.

Banyak keunggulan yang bisa kamu dapatkan dengan menggunakan WhatsApp API dari crm.id, berikut beberapa fiturnya:

Fitur Unggulan WhatsApp API dari CRM.ID

  1. Multi Agent: Hanya dengan satu nomor WhatsApp, dapat dilayani oleh banyak agent sekaligus.
  2. Serba Unlimited: Berapapun jumlah pelanggan-mu tidak ada batasan.
  3. Searchable & Filterable: Semua percakapan otomatis tersimpan dan mudah untuk dicari. Kamu dapat analisis dengan sangat mudah.
  4. Clean & Sleek Interface: Antarmuka mudah digunakan. Masih familiar seperti WhatsApp yang biasa digunakan.
  5. Unlimited 1 on 1 Support: Dapat layanan support gratis 1 on 1 via zoom. Tim hebat crm.id akan membekali kamu cara penggunaan bahkan men-training karyawan kamu tanpa biaya tambahan.
  6. Nomor Masking & Centang Biru: Bisa mendapat nomor masking dan kesempatan mendapatkan centang biru gratis jika memenuhi syarat.
  7. Rest API Integration: Integrasi sistem yang sudah berjalan dengan REST API yang disediakan crm.id.

Harga

Dapatkan semua fitur unggulan WhatsApp API dari crm.id hanya dengan harga yang sangat terjangkau. 

Satu harga untuk semua fitur hanya Rp 40/pesan. Dengan harga tersebut kamu sudah mendapatkan semua fitur hebat dari crm.id.

Ahzelan GG

Siap Bantu Kamu Tumbuh Di Era Digital 😉

Konten Serupa